BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Saturday, June 26, 2010

Rudra, The God of Storm



Dalam Ŗg-Weda salah satu Weda Samhita, disebutkan Rudra sebagai dewa perusak dan tergolong sebagai dewa bawahan. Rudra dikenal sebagai penyebab kematian, dewa penyebab dan penyembuh penyakit, juga dianggap sebagai dewa yang menguasai angin topan.

Dewa Rudra diidentikkan dengan Dewa Çiwa (Çiwa Rudra). Karakternya nampak angker dan menakutkan, namun hatinya lembut dan maha pengasih. Ia tinggal di pegunungan dan dipandang sebagai dewa pengasih kepada semua makhluk, bagaikan seorang ayah yang mengasihi anaknya.

Ia menjadi dukunnya para dukun dengan berjenis-jenis pengobatan yang dimilikinya, maka itu ia diberi julukan Jalasa Bhesaya (pemilik obat yang sejuk). Tenaga pengobatannya terdapat pada hujan yang disertai oleh angin ribut dan guntur yang membawa kesuburan. Nama lain Dewa Rudra adalah Tryambaka, Kapardin, dan delapan aspek dari Çiwa yaitu Bhawa, Sarwa, Isāna, Pasupati, Bhîma, Ugra, Mahādewa, dan Rudra.

Kelahiran Rudra


Kitab Satapatha-Brāhmana menceritakan tentang kelahiran Rudra. Diceritakan bahwa ada seorang kepala keluarga bernama Prajapati yang memiliki seorang anak laki-laki. Sejak lahir, anak itu menangis terus, dia merasa tidak terlepaskan dari keburukan karena tidak diberi nama oleh ayahnya. Kemudian Prajapati memberinya nama Rudra, yang berasal dari akar kata rud yang artinya menangis.

Kisah kelahiran Rudra ini bisa dijumpai pula dalam kitab-kitab Weda Samhita dan kitab Wişņu-Purāna. Tersebutlah Brahmā sedang marah kepada anak-anaknya yang diciptakannya pertama kali, yang tidak menghargai arti penciptaan dunia bagi semua makhluk. Akibat kemarahannya itu tiba-tiba dari kening Brahma muncul seorang anak yang bersinar seperti matahari. Anak yang baru “lahir” itu diberi nama Rudra. Dari tubuhnya yang setengah laki-laki dan setengah perempuan itu “lahir” anak berjumlah sebelas orang. Badan Rudra yang berjumlah sebelas itu, menurut kitab Wişņu-Purāna merupakan asal mula Ekadasa Rudra.

Riwayat kelahiran Rudra menurut Mārkandeya Purāna disebabkan oleh keinginan Brahmā untuk mempunyai anak yang menyerupai dirinya. Untuk mencapai tujuan tersebut, Brahmā pergi bertapa. Tengah bertapa, tiba-tiba muncul seorang anak laki-laki berkulit merah kebiru-biruan menangis di pangkuannya. Ketika ditanya mengapa, anak itu menjawab bahwa ia menangis karena minta nama. Brahmā memberinya nama Rudra. Namun, ia tetap menangis dan meminta nama lagi. Itu dilakukannya hingga tujuh kali, sehingga Brahmā memberi tujuh nama, masing-masing Bhawa, Sarwa, Isāna, Pasupati, Bhîma, Ugra, dan Mahādewa, di samping Rudra. Kedelapan nama itu adalah nama-nama aspek Çiwa dalam kelompok Murtyastaka.

0 comments: