BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS »

Tuesday, June 22, 2010

Yggdrasil, The Tree of Life



Yggdrasil merupakan nama pohon dalam Mitologi Norwegia. Dalam mitologi itu sendiri Yggdrasil adalah sebuah pohon yang menunjang dunia ini. Pohon ini juga disebut sebagai Mimameid atau Lerad. Yggdrasil menghubungkan 9 dunia dalam mitologi Norwegia, yaitu:

1. Asgard, dunia para Æsir atau golongan Dewa-Dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Asgard terletak pada cabang Yggdrasil di sebelah atas yang dialui oleh Mata air Urd.

2. Vanaheim, dunia para Vanir atau golongan Dewa-Dewi kecil. Letaknya berdekatan dengan Asgard di lingkungan para Dewa.

3. Alfheim, dunia para Elf atau ras Dewa kecil pengatur kesuburan.

4. Midgard, dunia Manusia sebagai dunia makhluk yang tidak abadi.

5. Jötunheimr, dunia para Jotun atau para raksasa.

6. Svartálfheim, dunia para Svartálfar (bahasa Inggris: Swart elfs/elves) atau Dökkálfar (bahasa Inggris: Dark elfs/elves) yaitu kaum elf dari kegelapan.

7. Niddhavellir atau Infierno, dunia para Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua-gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam.

8. Niflheim, dunia bawah tanah yang dingin, rumah para Jotun Es, dikuasai oleh Hel, saudara perempuan Loki.

9. Muspell atau Muspellheim, dunia api dan rumah bagi Surt, raksasa yang kulitnya berupa lahar dan rambutnya adalah api.

Yggdrasil diciptakan setelah penciptaan manusia. Odin menggantung dirinya di pohon yggdrasil selama 9 hari 9 malam untuk mempelajari rahasia penciptaan dan rahasia dari 9 dunia yang ditopang Yggdrasil.

Dipuncak pohon ini, hidup seekor rajawali yang di kepalanya bertengger burung elang yang bernama Veðrfölnir, seekor kambing bernama Heiðrún berjalan di ranting-rantingnya, empat ekor rusa (bernama Dáinn, Dvalinn, Duneyrr dan Duraþrór) berada di batangnya. Di bagian bawah dari pohon ini hidup seekor naga yang bernama Nidhöggr yang menggigit akar dari Yggdrasil. Lalu seekor tupai bernama Ratatoskr berlari di batang Yggdrasil untuk menyebarkan kabar antara rajawali dan naga yang hidup di pohon itu.

Yggdrasil memiliki 3 akar yang menunjang pohon itu. Ketiga akar tersebut melewati Asgard, Jotunheim dan Helheim. Dibawah akar yang melewati Asgard terdapat sumur Urd (tempat dimana Urd, Verdandi dan Skuld tinggal).

Didalam Yggdrasil terdapat "bibit" dari 2 manusia yang disimpan dan dijaga sampai Ragnarok selesai. Pada saat itu Yggdrasil tetap bertahan dan bibit manusia yang baru ini dilepaskan untuk menjadi awal kehidupan manusia yang baru.

0 comments: